Wednesday, November 23, 2011

perawatan kolam renang tentang kandungan alkali

Hari kedua masuk kerja sebagai maintenence di hotel selopanggung, semua masi dalam keadaan seuasana baru banyak sekali yang harus dipelajari dari kebersihan sampai jualan walaupu belum semuanya bisa menguasai masih beberapa persen saja.

contoh kolam renang

Langsung saja dalam pokok pembahasan, pada kali ini saya membahas tentang kandungan alkali dalam air kolam renang dan sangat pentingnya peranan alkali dalam kolam renang. Kolam renang yang bagus dan sehat harus mempunyai beberapa unsur yang sangat perlu diperhatikan, karena unsur tersebut adalah senyawa air yang sangat berkaitan dan saling mendukung, unsur dalam air setauku ada beberapa yaitu asam, basa, clorine dan alkali.

Kita bahas satu persatu unsur-unsur tersebut, yang pertama adalah asam, kandungan unsur asam biasa kita temukan di air asam klorida (HCL) biasa disebut air keras, pada umumnya orang menyebut begitu. Karena sifat dasarnya yang asam maka HCL digunakan untuk menurunkan basa.

contoh HCL / air keras


Kedua adalah basa, untuk kandungan unsur basa biasa kita temukan di soda ash dense atau sodium karbonat, orang menyebutnya dengan soda abu. unsur yang terkandung soda ash adalah basa, jadi bayak digunakan untuk menaikan unsur kandungan asam dalam air kolam renang.

contoh soda ash


Ketiga adalah unsur clorine, kandungan clorine sangat dibutuhkan dalam kolam renang karena clorine (cl) berfungsi sebagai pembasmi atau pembunuh kuman-kuman atau lumut-lumut yang ada dalam air kolam, demi kesehatan dan keamanan air kolam sangat dibutuhkan clorine. Sedangkan clorine itu sendiri biasa terdapat atau menggunakan kaporit sebagai clorine. Selain membunuh kuman dan lumut secara otomatis kaporit digunakan untuk menjernihkan air, Kaporit atau Kalsium hipoklorit utamanya digunakan sebagai agen pemutih atau disinfektan. Senyawa ini adalah komponen yang digunakan dalam pemutih komersial, larutan pembersih, dan disinfektan untuk air minum, sistem pemurnian air, dan kolam renang.

contoh kaporit


Keempat adalah alkali, unsur alkali juga sangat dibutuhkan karena sifatnya yang mengikat ph/keasaman air, faktor penting yang sangat perlu diperhatikan untuk melihat keasaman/ph air adalah kandungan alkali terlebih dahulu, karena tanpa kandungan unsur alkali ph air sangat tidak menentu dan sulit dikontrol dengan obat obatan yang lain, karena obat obatan tersebut tidak akan dapat berfungsi sewajarnya bila dalam air kolam tidak ada kandungan alkali.
  
contoh bubuk alkalinity


Kandungan alkali dapat terkikis bahkan hilang apabila curah hujan tinggi, karena secara otomatis air kolam terisi air hujan yang sifatnya netral, maksudnya netral karena air hujan tidak mempunyai kandungan unsur apapun, murni air. maka dari itu pada waktu musim penghujan sangat penting memeperhatikan kandungan alkali dalam air kolam renang.

Pada waktu musim penghujan tambahkan bubuk alkalinity ke dalam air kolam renang dengan takaran sesuai luas kolam renang anda, secara periodik minimal seminggu sekali, setelah menambahkan bubuk alkalinity silkulasi air dengan filter minimal 12 jam sampai air benar-benar bersih.

Comments
1 Comments

1 comments:

huda said...

Jasa kolam renang profesional lainya klik dikategori: Gambar Kolam Renang, Kolam Renang,Perawatan Kolam Renang Alami,Perawatan Kolam Renang kimia,Jasa Perawatan Kolam Renang

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes