Tuesday, March 27, 2012

awas bahaya serangga tomcat

Apakah Tomcat adalah dikenal dengan nama ilmiah kumbang rove, hewan semacam semut besar, bersayap, dengan warna belang-belang hitam dan merah Racunnya 12 kali lebih mematikan dari pada bisa ular cobra.

Jika merayap di handuk, baju, sprei atau bahkan lantai rumah harus segera dibersihkan dengan air dan sabun, karena pada saat merayap saja dia sudah mengeluarkan toksin melalui kulit tubuhnya. Kalau sadar kulit anda kena Tomcat segeralah dicuci memakai sabun, jangan dikasih odol, minyak kayu putih, balsem, minyak tawon, karena hasilnya akan memperparah Kulit yang terkena toksin tomcat akan merah meradang mirip herpes tapi tak sama… Herpes diserta nyeri di syaraf anggota tubuh yang terkena, misal tangan kiri kena herpes, maka syaraf-syaraf bagian kiri akan nyeri, kalau toksin tomcat tidak seperti itu, hanya merah meradang disertai nanah bintik kecil-kecil.



Obatnya salep dan antibiotik, biasanya hydrocortisone 1% atau Salep betametasone + antibiotik neomycin sulfat-3x sehari atau Salep Acyclovir 5%, lebih jelasnya tanya apoteker atau silahkan langsung ke dokter umum atau dokter kulit, jangan lupa bilang kalau terkena tomcat agar dokter tidak salah beri obat herpes.. Dan apabila anda terkena rayapan atau gigitan tomcat janganlah dipukul kerena toksin / racun akan semakin masuk kedalam kulit cukup dilempar saja dan segera cuci dengan menggunakan air sabun. cuplikan berita tomcat menyerang surabaya dari detik.com
"Penyebaran Serangga Tomcat semakin menunjukkan angka di atas normal. Wilayah yang diserang kini semakin meluas. Jumlah populasi Tomcat pun diperkirakan mencapai ratusan atau bahkan ribuan. Hal ini diungkapkan Kabid Pertanian dan Kehutanan Dinas Pertanian Kota Surabaya Ir Alexander S Siahayajenis. Menurutnya, sejak 4 hari yang lalu, kini laporan dari masyarakat sudah sebanyak 40 wilayah yang terserang serangga jenis Kumbang Rove ini. Semut bersayap ini seharusnya memiliki habitat di sawah padi dan padang sekolah. Namun, Tomcat telah menyerbu dan meluas di Surabaya.
Mulai dari kawasan Medokan Ayu, Perumahan Elit di Rungkut, Penjaringan Sari, Rungkut Harapan, Semampir, Gunung Sari, Tegal Sari, Wonorejo, Dupak Bandarejo, Kedungdoro, dan Dukuh Kupang. Setelah Apartemen Eastcoast Laguna Indah, Pakuwon City yang terserang Tomcat sejak Selasa (13/3/2012), beberapa apartemen dan kawasan elit lainnya juga ikut terserang wabah ini. Termasuk Regency Palm Spring di kawasan Jambangan dan Perumahan Sinar Amerta di Medayu Rungkut. "Sejak 4 hari yang lalu, laporan serangan Tomcat yang kami terima sudah mencapai 40 laporan.
Kalau dibanding tahun lalu, hanya dilaporkan 2 wilayah saja yang diserang Tomcat," kata Alexander kepada detiksurabaya.com, Selasa (20/3/2012). Lokasi elit yang tak terpikirkan bisa terjangkit Tomcat pun kini muncul menjadi salah satu wilayah terserang serangga berinisial ilmiah Staphylinidae (Insecta: Coleoptera: Staphylinidae). Seperti di kawasan Galaxy Bumi Permai, Manyar Indah, Unair Kampus C Asrama di Kertajaya hingga kawasan Bratang dan Ngagel Rejo. "Mungkin karena keseimbangan alam terganggu, perkembangbiakan tomcat semakin menyebar. Jadi tak hanya di sawah, tapi juga di daerah-daerah yang banyak tumbuh rumput dan kawasan yang lembab," terang Alexander. "

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes