Saturday, July 14, 2012

Soto Bok Ijo soto ayam khas Kediri

satu porsi terdiri dari nasi putih, suwiran daging ayam kampung, taoge, irisan kol dan daun seledri, kemudian diguyur dengan kuah soto yang panas mengepul. Untuk penguat cita rasa : ditambahkan kecap manis, jeruk nipis dan gerusan lombok rawit. Wuiihh.., makin terasa segar, nikmat dan sedaapp...!!!


Kali ini saya akan menceritakan soal Soto Ayam di Kediri yang terletak di dalam kompleks Terminal Baru Kota Kediri. Di sana tidak terdapat deretan penjual soto yang disebut Bok Ijo.

Sayangnya saya nggak tahu kenapa lokasi ini disebut begitu, tapi nama tersebut sudah menjadi trade mark di sana, jika kita bertanya tempat makan soto yang paling enak di Kediri. Sebelum memasuki terminal, sepanjang jalan dari arah alun alun menuju kesana, sudah ada deretan penjual soto ayam. Jangan berhenti, karena lokasi Bok Ijo ada di dalam terminal.

Di dalam terminal anda akan menemukan deretan sekitar 20 an penjual soto ayam. Yang unik meskipun jualannya sama yaitu soto ayam, tetapi setiap penjual memiliki pelanggan sendiri. Bagi yang baru pertama datang ke Soto Bok Ijo, anda bisa memilih soto mana yang anda suka. Saran saya, biar gampang cari penjual yang paling ramai, biasanya paling enak.

Bicara soal sotonya, Soto Ayam Bo` Ijo ini menawarkan berbagai keunikan. Pertama, porsinya. Soto ayam Bok Ijo, rata rata disajikan dalam mangkuk kecil. Dalam satu mangkok anda akan menemukan nasi, potongan ayam kampung, taoge kecil, irisan kol, seiris jeruk nipis dan tentu saja kecap. Sebagai pelengkap, bisa meminta tambahan bagian lain dari ayam seperti kulit, kepala, jerohan atau ada pula sate telur puyuh.

Ada tambahan unik yang tidak ditemukan di tempat lain, yaitu ayam bakar kecap. Uniknya, yang dibakar adalah bagian tulang ayam yang dagingnya sudah diambil untuk soto. Nah, kelezatan menikmati sisa daging yang melekat di tulang ayam bakar ini sungguh menerbitkan air liur tiap kali menikmatinya bersama sesuap soto ayam panas. Sungguh dahsyat perpaduan soto ayam yang segar dengan manisnya ayam bakar khas soto Bok Ijo.

Karena porsinya yang kecil itu, jangan heran kalo anda bisa nambah sampai 3 atau 4 mangkok lagi. Dijamin anda akan puas. Yang menarik di setiap mangkuk tambahan yang kita santap, saya jamin anda akan merasakan sensasi kesegaran soto ayam panas yang anehnya terasa sangat segar di udara kota Kediri yang panas itu. Soto Bok Ijo rasanya gurih khas Kediri.

Soal harga, jangan khawatir. Untuk satu porsi anda hanya perlu membayar 2000 atau 2500 rupiah saja, murah banget khan. Untuk pelengkapnya anda hanya perlu nambah 1000 rupiah sampai 5000 rupiah saja. Ditanggung makan puas, harga lega.

Untuk menemani kesegarannya semangkok soto ayam Bok Ijo, anda bisa melengkapinya dengan segelas es jeruk atau es teh. Menikmati soto ini enak pas sore sore atau malam hari. Rata rata penjual soto tersebut mulai menggelar jualannya mulai jam 15.00 sampai 00.00. Kalau mampir ke kota kediri, jangan sampai melewatkan Soto Bok Ijo dalam agenda perjalanan anda. Dimana lagi bisa menikmati semangkuk atau mungkin 4 mangkok soto Ayam seger diiringi suara bis yang menderu masuk dan keluar terminal.

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes